Berbagi itu indah

Obat alami | Obat tradisonal | kesehatan | info menarik

Manfaat daun sirsak untuk obat

Manfaat daun sirsak untuk obat
Manfaat daun sirsak untuk obat


Sirsak atau dengan bahasa latin Annona muricata L adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka seberang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.
Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam

menurut beberapa sumber ternyata daun sirsak banyak bermanfaat untuk kesehatan ataupun menyembuhkan berbagai macam penakit,lihat rincinaya berikut:

Zat yang terkandung dalam daun sirsak
Manfaat daun sirsak untuk obat

Daun sirsak ternyata mengandung banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, dan untuk menjaga kondisi tubuh. Dibalik manfaatnya tersebut ternyata tak lepas dari kandungannya yang banyak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin,annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh.


Manfaat daun sirsak untuk kesehatan dari sebuah penelitian:
Manfaat daun sirsak untuk obat



Menurut peneliti di Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gadjah Mada (CCRC–UGM), Nur Qumara Fitriyah, riset McLaughlin menunjukkan dengan dosis kecil saja, daun sirsak efektif memberangus sel kanker. Berdasarkan riset McLaughlin ED50 ekstrak kasar daun sirsak < 20 µg/ml, sedangkan ED50 senyawa murni cuma < 4 µg/ml. Artinya dengan dosis rebusan 10 – 15 daun sirsak masih aman dikonsumsi.

Sumber lainnya, The Journal of Natural Product membeberkan riset Rieser MJ, Fang XP, dan McLaughlin, peneliti di AgrEvo Research Center, Carolina Utara, Amerika Serikat, bahwa daun sirsak mematikan sel-sel kanker usus besar hingga 10.000 kali lebih kuat dibanding adriamycin dan kemoterapi.

semoga info ini bisa bermanfaat untuk anda.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Obat Alami / Obat Tradisional / tips dan trik / Tumbuhan Obat dengan judul Manfaat daun sirsak untuk obat. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://cara-mudah92.blogspot.com/2012/12/manfaat-daun-sirsak-untuk-obat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Budi Wahyono - Tuesday, December 18, 2012

Belum ada komentar untuk "Manfaat daun sirsak untuk obat"

Post a Comment